
Adalah MSV Pictures yang merupakan badan usaha milik STMIK Amikom Yogyakarta, yang menjadi pionirnya. Sejak awal tahun ini, mereka mengerjakan sebuah film animasi layar lebar berjudul "Battle of Surabaya".
"Membuat film animasi layar lebar adalah cita-cita Profesor Suyanto, pendiri STMIK Amikom," ujar Emy Ahmad Panawa, Humas MSV Pictures, di ajang Anime Festival Asia, Jakarta Convention Center (JCC).
Disebutkan, sebelumnya teaser "Battle of Surabaya" sendiri sudah memenangkan INAICTA 2012 kategori Digital Animation, Indigo Fellowship PT Telkom Indonesia 2012, serta masuk nominasi Appreciation Film of Indonesia dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tahun 2012.
"Battle of Surabaya" sendiri berkisah tentang petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi pejuang-pejuang "arek Suroboyo" dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dalam pertempuran 10 November 1945. Selain berisi tokoh fiktif, nantinya film animasi ini juga akan menampilkan tokoh nyata seperti Bung Tomo.
Biaya sendiri produksi "Battle of Surabaya" berkisar antara US$5-10 juta. Menyebut angka itu termasuk standar dalam pembuatan film animasi. Sebagai perbandingan, film animasi Wind Rises (2013) produksi Studio Ghibli (salah satu studio animasi terkenal di dunia) menelan biaya US$60 juta. "Battle of Surabaya" sendiri terinspirasi gaya gambar dari film-film Studio Ghibli.
Di balik produksi "Battle of Surabaya", bahwa 100% sumber daya manusianya berasal dari Indonesia. Film ini menurutnya mempekerjakan 60 orang, yang sepertiganya berasal dari STMIK Amikom, baik fresh graduate maupun yang masih berstatus mahasiswa.
Lantas, untuk pengisi suara sendiri, sebagian besar berasal dari Yogyakarta, yang dijaring dari seleksi. Ada yang sudah berpengalaman, namun ada juga yang masih sama sekali baru di dunia dubbing.
Direncanakan, "Battle of Surabaya" akan tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada pertengahan 2014. Film ini ditargetkan akan bisa disaksikan oleh satu juta penonton.
"Agar lebih dikenal publik, teaser-nya juga sudah ada di YouTube. Sampai saat ini sudah disaksikan sebanyak 128.524 kali."
0 comments:
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.
1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.