MAKNA DIBALIK LAGU BLINK182 - ADAM'S SONG


I never thought I'd die alone
Tak pernah kukira aku kan mati seorang diri
I laughed the loudest who'd have known?
Aku tertawa terbahak-bahak, memangnya siapa yang tahu?
I trace the cord back to the wall
Kutelusur kabel sampai ke dinding
No wonder it was never plugged in at all
Tak heran kabel itu tak pernah tersambung
I took my time, I hurried up
Kugunakan waktuku, aku bergegas
The choice was mine I didn't think enough
Pilihan di tanganku, aku tak banyak berpikir
I'm too depressed to go on
Aku terlalu tertekan tuk bertahan
You'll be sorry when I'm gone
Kau kan menyesal saat aku tlah tiada

CHORUS

I never conquered, rarely came
Aku tak penah menang, jarang berhasil
16 just held such better days
16 adalah hari-hari yang baik
Days when I still felt alive
Hari-hari saat aku masih merasa hidup
We couldn't wait to get outside
Kita tak bisa menunggu tuk keluar
The world was wide, too late to try
Dunia ini luas, terlambat sudah tuk mencoba
The tour was over we'd survived
Perjalanan tlah usai, kita tlah selamat
I couldn't wait till I got home
Aku tak sabar menunggu sampai di rumah
To pass the time in my room alone
Tuk lewatkan waktu seorang diri di kamarku 

I never thought I'd die alone
Tak pernah kukira aku kan mati seorang diri
Another six months I'll be unknown
Enam bulan mendatang aku pasti tlah dilupakan
Give all my things to all my friends
Berikan semua barangku pada teman-temanku
You'll never step foot in my room again
Kau takkan pernah injakkan kaki ke kamarku lagi
You'll close it off, board it up
Kau kan menutupnya, memagarinya
Remember the time that I spilled the cup
Ingatlah waktu saat kutumpahkan cangkir
Of apple juice in the hall
Jus apel di aula
Please tell mom this is not her fault
Tolong katakan pada mama ini bukan salahnya

CHORUS

I never conquered, rarely came
Aku tak pernah menang, jarang berhasil
But tomorrow holds such better days
Tapi esok kan jadi hari-hari yang lebih baik
Days when I can still feel alive
Hari-hari saat aku masih bisa merasa hidup
When I can't wait to get outside
Saat aku tak sabar menunggu tuk keluar
The world is wide, the time goes by
Dunia ini luas, waktu terus berlalu
The tour is over, I've survived
Perjalanan tlah usai, aku tlah selamat
I can't wait till I get home
Aku tak sabar menunggu sampai di rumah
To pass the time in my room alone 
Tuk lewatkan waktu seorang diri di kamarku

Adam’s Song adalah single ke-3 blink-182 di album Enema of the State (EOTS) (1999). Single ‘Adam’s Song’ dirilis pada 5 September 2000 dan sempat menduduki posisi 2 chart ‘US Modern Rock Tracks’. Adam’s Song adalah satu-satunya lagu bertempo lambat dan berlirik serius/dark di album EOTS. Menjadikannya lagu paling ‘berbeda’ di album itu dan sekaligus salah satu yang paling kontroversial. Banyak yang menganggap Adam’s Song adalah lagu tentang bunuh diri/suicide karena liriknya yang bernuansa depresi. Salah satu rumornya adalah bahwa Mark menulisnya setelah mendapat surat dari seorang anak bernama Adam Krieger yang ingin mengakhiri hidupnya. Tapi rumor tersebut tidak dapat dibuktikan sampai sekarang karena Mark sendiri tidak memberikan konfirmasi atas rumor itu. Hingga akhirnya pada 4 Mei 2000, ada sebuah tragedi yang juga menyeret lagu Adam’s Song ini. Greg Barnes, seorang siswa Columbine High School mengakhiri hidupnya sambil menyetel lagu Adam’s Song berkali-kali di CD player nya. Diduga Barnes mengalami depresi karena dia menyaksikan teman baiknya terbunuh karena tertembak. Setelah kasus Greg Barnes tadi, akhirnya Mark mengklarifikasi makna sebenarnya dari lagu Adam’s Song ini.

Mark berkata : Jika diteliti lebih lanjut, lagu ini sebenarnya adalah lagu anti-suicide. “Lagu ini adalah tentang diri saya yang kesepian saat tur sebelum menemukan wanita yang saya cintai. Memang lagu ini juga tentang depresi, namun seburuk-buruknya keadaan, pasti ada hal yang lebih baik di sisi lainnya. Pasti selalu ada harapan, dan kamu bisa mengandalkan sahabatmu yang selalu ada untukmu dan sebagainya.” -Mark Hoppus 

Selain itu Mark juga turut berbelasungkawa kepada keluarga Greg atas apa yang telah terjadi. Ada beberapa fakta menarik tentang lagu Adam’s Song, diantaranya: *Lirik “I traced the cord back to the wall, no wonder it was never plugged in at all” diambil dari pengalaman Tom. Sewaktu Tom berlatih di garasi, amplifiernya tergenang air. Tapi beruntung kabel amplifier tersebut tidak terhubung dengan listrik. *Di bagian “I took my time, I hurried up, the choice was mine, I didn’t think enough” seperti jawaban dari lagu ‘Come As You Are’ oleh NIRVANA.
Terakhir, Adam’s Song tidak lagi dimainkan live oleh Blink182 sejak tahun 2009. Di tahun itu, sahabat mereka, Adam Goldstein (DJ AM) meninggal dunia dan mereka memutuskan untuk tidak memainkannya lagi. Mark mengatakan bahwa Blink182 ‘mempensiunkan’ lagu Adam’s Song permanen dari setlist live mereka.

Sedikit tambahan surat atau email oleh Adam Krieger , tapi antara percaya atau tidak sepenggal surat adam itu yang berisi sebagai berikut…

" Kepada laki-laki dan wanita yang menikah dan akhirnya memiliki aku, seharusnya aku lahir lima tahun setelah hari aku lahir, saat kalian siap untuk benar benar menikah.

Kepada guru yang tidak benar benar peduli, persetan dengan apa yang mereka katakan.

Kepada teman teman teraniaya, yang pasti nya akan lebih teraniya setelah aku tiada... tapi setidaknya kalian tak akan pernah lagi melihat ku di rendahkan.

kepada teman teman sekolah yang membuat hidup ku terasa mimpi buruk, belajar lah kelak itu berguna untuk kalian.

Kepada mereka yang tak pernah bicara, tak pernah peduli, dan mungkin tak pernah tahu namaku.

Kepada dia teman sejati, yang aku harap akan mencegah ku melakukan hal ini.

Kepada tuhan, jika dia benar benar ada, kenapa kau ciptakan aku hanya untuk jadi lelucon yang terlalu menyakit kan, dan terima kasih telah menempat kan orang orang yang tidak peduli di sekitarku.


Kepada kalian semua, selamat tinggal…"

0 comments:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan gratis artikel dari blog ini. Pergunakan fasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.